Hadapi Kamerun, Ujian Terakhir Timnas


REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Tim nasional Indonesia akan kembali melakoni laga uji coba di Stadion Gelora Bung Karno Senayan Jakarta, Jumat (16/11). Kamerun menjadi ujian terakhir pasukan Merah Putih sebelum akhirnya berlaga di Piala AFF 2012 akhir November ini.

Pelatih timnas, Nil Maizar mengaku belum mengetahui betul selak beluk permainan tim raksasa Afrika tersebut. Meski begitu, mantan pelatih Semen Padang ini sudah mengantongi beberapa nama pemain Kamerun yang patut mendapat perhatian khusus. Hanya saja, Nil belum bisa membeberkan lebih lanjut siapa pemain yang dimaksud.

Nil mengatakan, mengetahui kemampuan lawan memang menjadi faktir penting dalam sebuah pertandingan. Namun baginya, ada yang lebih penting dari itu, yakni memperbaiki kelemahan dan memaksimalkan kemampuan permainan tim.

Pelatih asal Payakumbuh ini mengungkapkan, permainan Elie Aiboy dan kawan-kawan masih jauh dari ekspektasi. Itu terlihat dalam laga uji coba terakhir melawan Timor Leste di GBK, Rabu (14/11).

Meski memetik kemenangan 1-0, Nil belum puas dengan performa pasukan Merah Putih. Ia menilai, masih banyak yang harus dibenahi dari permainan para penggawa timnas.

Kelemahan yang paling menonjol adalah kurangnya kordinasi antar lini. Mulai dari lini belakang, tengah, dan depan. Tak pelak, kondisi ini membuat serangan Garuda kerap kandas di tengah jalan. Bahkan tak jarang, bola pun terbuang sia-sia akibat masih lemahnya kordinasi antar pemain.

“Permainan anak-anak masih jauh dari yang diharapkan. Saya menilai kordinasi antar lini belum rapih, terutama pada babak pertama,” ucap Nil merujuk pertandingan melawan Timor Leste, Rabu (14/11).

Meski begitu, Nil yakin kelemahan tersebut bisa segera diperbaiki. Laga melawan Kamerun pun menjadi kesempatan timnas untuk memoles permainan. Elie Aiboy cs dituntut tampil lebih baik lagi dan mengevaluasi kelemahan yang ada.

“Kami akan berusaha keras memaksimalkan permainan tim dengan waktu yang tersisa. Mudah-mudahan para pemain bisa bermain lebih baik lagi,” tambah Nil.

Redaktur: Ajeng Ritzki Pitakasari
Reporter: Satria Kartika Yudha
(Sumber : republikaonline)

Tentang andrey's blog

tegas, sederhana, humoris, dan bijaksana...
Pos ini dipublikasikan di Seputar Sepakbola Nasional / Sepakbola Indonesia. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s