Melihat Persiapan Indonesia, Memantau Perkembangan Tim-Tim Lain


FOTO:

Jakarta – Hari ini dan lusa Indonesia akan melakoni pertandingan ujicoba terakhirnya sebelum terjun ke Piala AFF 2012. Tim-tim negara lain pun melakukan program yang sama.

Indonesia yang dilatih Nil Maizar sore ini, Rabu (14/11/2012), akan menjajal negara yang tak lolos dari babak kualifikasi, Timor Leste, di Stadion Gelora Bung Karno.

Salah satu yang ditunggu publik adalah penampilan empat pemain baru yang dipanggil dari luar negeri: tiga berdarah Belanda, satu adalah Arthur Irawan yang sedang merintis karier di klub Espanyol B di “Negeri Matador”.

Pada ujicoba terakhir Indonesia bulan lalu, Irfan Bachdim dkk. bermain imbang tanpa gol (0-0) melawan tuan rumah Vietnam.

Setelah menghadapi Timor Leste, skuat “Garuda” akan menghadapi Kamerun pada Jumat (16/11) sore, juga di Senayan. Tim Afrika itu hampir dipastikan tidak melibatkan pemain-pemain topnya yang bermain di Eropa, melainkan sebagian besar pemain lokalnya.

Setelah dua laga ujicoba tersebut, rencananya Nil akan memutuskan siapa saja 23 pemain yang akan dibawa ke Malaysia untuk memulai fase grup, di mana Indonesia bersaing dengan tuan rumah, Singapura, dan Laos.

Persiapan tim-tim lain

Sementara itu kontestan lain pun menggelar ujicoba di tengah pekan ini. Bagi Indonesia ini tentu saja menjadi bahan masukan penting untuk mengintip perkembangan terakhir kekuatan tim-tim lawan.

Thailand misalnya, Kamis lalu berhasil mengalahkan Malaysia dengan skor 2-0 di Nontaburi. Malam ini tim asuhan pelatih Jerman Winfried Schaefer itu akan bertanding melawan Bhutan. Untuk diketahui, Bhutan di daftar peringkat FIFA saat ini ada di urutan buncit alias nomor 207 (bersama San Marino dan Kepulauan Turks & Taicos).

Malaysia sedang “gerah” karena performanya belum positif. Sebelum kalah dari Thailand, mereka juga takluk dua kali dari Vietnam: 0-2 di Bukit Jalil di bulan September, dan 0-1 di Hanoi minggu lalu. Malam ini tim arahan K. Rajagobal itu akan menjajal Hong Kong.

Dilansir oleh situs resmi turnamen, Filipina akan mengetes juara tiga, Singapura, di Cebu City hari Kamis besok. Kemenangan diyakini akan mendongkrak sisi psikologis para pemain, setelah mereka menjadi tim kejutan dengan menembus semifinal di edisi 2010.

Kakak-beradik Phil dan James Younghusband masih menjadi pilar Filipina bersama Patrick Reichelt dan Chieffy Caligdong. Nama terakhir mencetak dua gol saat Filipina menang telak 5-0 atas klub lokal, Green Archers United Globe, akhir pekan lalu.

Singapura, yang dinilai tidak sekuat sebelumnya, hari Sabtu lalu menelan kekalahan 0-2 dari klub Liga Jepang, Shimizu S-Pulse. Singapura sempat menggelar training camp selama satu minggu di “Negeri Sakura” tersebut.

Tim yang lolos dari babak kualifikasi,Myanmar, memilih klub divisi dua Jepang, Fagiano Okayama, sebagai sparring partner-nya di minggu ini. Mereka akan bertandng dua kali di Yangon, pada 15 dan 17 November. Myanmar saat ini dilatih oleh mantan pemain nasional Korea Selatan, Park Sung-hawa.

Sementara itu Vietnam masih mencari lawan tanding lagi setelah agenda menjajal klub top Brasil, Gremio, pada Kamis besok batal terlaksana.

( a2s / krs )

(Sumber : detiksport)

Tentang andrey's blog

tegas, sederhana, humoris, dan bijaksana...
Pos ini dipublikasikan di Seputar Sepakbola Nasional / Sepakbola Indonesia. Tandai permalink.

Satu Balasan ke Melihat Persiapan Indonesia, Memantau Perkembangan Tim-Tim Lain

  1. Ping balik: Baru 10 Pemain Hadiri TC Timnas Senior Tahap Kedua | gilabola.biz

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s