Bepe Pimpin “Merah-Putih” Tekuk Timor Leste 1-0


KOMPAS IMAGES/VITALIS YOGI TRISNA

Kiper timnas Timor Leste, Emerson Carlos Cesario, berhadapan dengan striker timnas Indonesia, Bambang Pamungkas, pada pertandingan uji coba melawan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta Selatan, Rabu (14/11/2012). Bambang jadi penentu kemenangan Indonesia 1-0 lewat gol tunggalnya.

JAKARTA, KOMPAS.com — Tim Nasional Indonesia berhasil mengalahkan Timor Leste 1-0 dalam pertandingan uji coba di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Rabu (14/11/2012). Gol semata wayang tuan rumah ditorehkan Bambang Pamungkas pada menit ke-67.

Indonesia lebih dulu berusaha membangun serangan pada menit-menit awal. Menit kesembilan, Elie Aiboy mendapatkan kesempatan. Namun, ia gagal menyambut bola umpan silang Nopendi dari sisi kanan gawang karena barisan belakang Timor Leste lebih dulu mampu mengantisipasinya.

Timor Leste bukan tanpa ancaman. Tiga menit berselang, striker Alan Leandro melepaskan tendangan keras dari luar kotak penalti Indonesia pada menit ke-13. Meski kiper Endra Prasetya gagal mengantisipasi bola dengan sempurna, barisan belakang Indonesia dengan sigap langsung mengamankan gawangnya.

Memasuki pertengahan paruh pertama, Indonesia masih kesulitan menembus jantung pertahanan lawan. Sejumlah serangan, yang lebih banyak dibangun dari sisi kanan lapangan, selalu mentok karena barisan belakang tim tamu tampil cukup disiplin. Sementara itu, Timor Leste lebih banyak mengandalkan serangan balik yang tidak terlalu membahayakan Indonesia.

Pada menit ke-28, Indonesia kembali mendapatkan peluang emas. Akan tetapi, bola tendangan keras Bambang dari luar kotak penalti masih dapat ditepis kiper Emerson Carlos Cesario dengan cukup baik.

Memasuki menit-menit akhir, tempo permainan kedua tim melambat. Timor Leste terlihat berusaha menekan pertahanan Indonesia. Namun, sejumlah peluang yang didapat tim berjuluk “The Rising Sun” itu tidak dapat dikonversikan menjadi gol karena Wahyu Wijiastanto dan kawan-kawan tampil cukup disiplin.

Di babak kedua, Indonesia langsung menekan. Bepe—sapaan Bambang—kembali mendapatkan kesempatan emas pada menit ke-46. Namun, lagi-lagi kiper Emerson tampil cemerlang karena mampu menangkap bola tendangan bomber Persija Jakarta tersebut dari dalam kotak penalti.

Di awal paruh kedua ini, Pelatih Indonesia, Nil Maizar, mengubah strategi dengan memasukkan Johnny van Beukering dan Arthur Irawan menggantikan Nopendi dan Elie. Van Beukering mengisi barisan depan, sedangkan Irfan Bachdim menempati posisi sayap kiri, bertukar dengan Oktovianus Maniani yang menjadi gelandang sayap kanan.

Perubahan strategi itu pun membuahkan hasil. Pada menit ke-67, Indonesia berhasil membuka keunggulan melalui Bepe. Berawal dari aksi Bachdim di sisi kiri, ia melepaskan umpan ke Van Beukering, yang lalu memberi umpan ke tengah kotak penalti, yang kemudian langsung disambar Bepe untuk mencatatkan namanya di papan skor.

Memasuki menit-menit akhir, permainan Indonesia membaik dan terus menekan pertahanan tim tamu. Namun, sejumlah kesempatan yang didapat Bachdim dan kawan-kawan belum dapat menambah keunggulan timnya karena terkadang selalu mentok dalam penyelesaian akhir. Hingga wasit meniup peluit panjang, skor 1-0 untuk Indonesia tidak berubah.

Susunan pemain
Indonesia: 22-Endra Prasetya; 4-Novan Setya Sasongko (21-Andik Vermansyah 76), 5-Nopendi (31-Arthur Irawan 52), 13-Wahyu Wijiastanto; 8-Elie Aiboy (34-Johnny van Beukering 57), 26-Vendry Mofu (14-Rasyid Asyahid Bakrie 82), 28-Oktovianus Maniani (29-M Rahmat 88), 33-Tonnie Harry Cussel (7-Taufiq 70); 10-Irfan Bachdim, 20- Bambang Pamungkas (9-Samsul Arief 79).

Timor Leste: 1-Emerson Carlos Cesario; 2-Raul Isaac Diaz, 3-Ramon De Lima Saro, 5-Wellinto Rocha, 22-Raimundo Jose; 7-Paulo HR Ribeiro, 10-Jesse Fernando (kapten), 15-Adelino Trindade, 16-Jose Lopes Vide (9-Jose Carlos Fonseca 75), 17-Nicolau H Fernandez, 11-Alan Leandro (20-Jose Martins 87).

Wasit: Subkhir Singh (Singapura)

(Sumber : kompas.com)

Tentang andrey's blog

tegas, sederhana, humoris, dan bijaksana...
Pos ini dipublikasikan di Seputar Sepakbola Nasional / Sepakbola Indonesia. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s